Media Sosial Membantu Saya Lebih Bangga Pada Indonesia

Photo by Muhammad Syahroyni from Pexels

Tidak sekedar untuk berinteraksi, media sosial membantu saya merasa lebih bangga menjadi warga Indonesia.

Pada artikel ini saya akan menceritakan cara saya memanfaatkan media sosial, serta bagaimana media sosial bisa membantu saya lebih bangga dengan Indonesia.

Dulu ketika awal mengenal dan menggunakan media sosial, saya memanfaatkannya sekedar untuk posting foto dan meilihat postingan orang lain. Saya tidak tahu ternyata banyak hal yang bisa dilakukan di media sosial.

Seiring berjalannya waktu saya belajar bahwa media sosial bisa digunakan untuk berbelanja, menjadi platform berita, hingga membangun personal branding.

Kemerdekaan Indonesia bukan Hadiah


Sabtu, 09 Oktober 2021. Saya berkesempatan untuk mengikuti kegiatan gathering yang diselenggarakan oleh MPR RI.

Acara yang diusung dengan tema Proud to be Indonesian "Bijak bermedia sosial dalam mewujudkan karakter bangsa" tersebut mendiskusikan tentang kebiasaan kita menggunakan media sosial saat ini.

Dua perwakilan dari MPR RI yaitu Ibu Siti Fauziah, S.E., M.M. selaku Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Sistem Informasi Sekretariat Jenderal MPR RI dan juga Bapak Budi Muliawan, S.H., M.H. selaku Kepala Bidang Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga Sekretariat Jenderal MPR RI hadir sebagai narasumber pada kegiatan kali ini.

Salah satu hal yang disampaikan oleh Bapak Budi Muliawan yang akrab disapa mas wawan ini, beliau menyampaikan bahwa kemerdekaan Indonesia bukanlah hadiah dari siapapun atau negara manapun.

Kemerdekaan tersebut merupakan hasil dari usaha dan jerih payah rakyat indonesia untuk berjuang mendapatkan kemerdekaan tersebut.

Lalu apa kaitannya dengan media sosial?

Hal penting yang berkaitan dengan hal ini menurut saya adalah kemudahan kita saat ini untuk membagikan informasi, berkomentar dan lain sebagainya di media sosial. jangan sampai mencederai apa yang sudah diperjuangkan para pejuang kita.

Jangan mudah terpancing dan mengeluarkan komentar negatif di media sosial sehingga membuat karakter kita dianggap tidak baik.

Kita harus berusaha lebih bijak untuk menanggapi berita atau kabar yang kita terima sebelum memutuskan untuk berkomentar bahkan membagikannya kepada orang lain.

Cara saya Memanfaatkan Media Sosial


Banyak cara yang lebih bermanfaat untuk kita dalam menggunakan media sosial. Saya pribadi lebih memilih memanfaatkan media sosial untuk beberapa hal berikut.

#1. Berbagi ilmu yang saya tahu

Tidak jarang saya membagikan sedikit tentang sesuatu yang sedang saya pelajari. 

Tujuannya sama sekali tidak untuk mengajari atau menggurui. Tapi, siapa tahu dari sedikit yang saya bagikan tersebut ternyata juga dibutuhkan oleh orang lain.

Selain itu, saya juga merasa bahwa ketika kita mengajarkan orang lain tentang apa yang kita tahu. hal itu juga bisa membuat kita lebih paham tentang ilmu tersebut.

#2. Membangun personal branding

Baru-baru ini saya mencoba untuk mulai memanfaatkan media sosial terutama instagram untuk membangun perosnal branding.

Saya meraasa di era seperti sekarang ini, kita bisa memanfaatkan media sosial untuk mengenalkan diri kita, apa profesi kita dan lain sebagainya yang berkaitan dengan membangun personal branding.

Sehingga orang akan tahu dan juga belajar tentang apa yang kita ketahui. keuntungannya, kita juga bisa mendapatkan kesempatan untuk membantu orang yang membutuhkan skill yang kita miliki.

#3. Belajar tentang pengembangan diri

Banyak sekali akun-akun yang membuat konten-konten bermanfaat untuk pengembangan diri. 

Hal itulah yang saya manfaatkan ketika menggunakan media sosial, saya mempelajari beberapa skill dan pengetahuan baru melalu postingan-postingan yang ada di media sosial.

Kamu juga bisa melakukan hal yang sama dan memanfaatkan media sosial untuk membuat diri kamu terus berkembang.


Alasan media sosial membuat saya lebih bangga pada Indonesia


Selain ketiga kegiatan diatas yang saya lakukan di media sosial. Ada satu cara lagi yang saya gunakan untuk memanfaatkan media sosial. yaitu untuk melihat kekayaan alam Indonesia.

Jika diberikan kesempatan, saya ingin sekali keliling Indonesia untuk menikmati kekayaan alamnya. mulai dari laut, sungai, hingga gunung-gunungnya.

Namun untuk sementara ini, saya bisa menikmati keindahan alam Indonesia melalui media sosial. 

Banyak akun-akun traveler yang saya ikuti untuk menikmati dan melihat ternyata Indonesia memiliki begitu banyak kekayaan alam yang begitu indahnya.

Hal itulah alasan kenapa dengan bantuan media sosial, saya bisa merasa lebih bangga menjadi orang Indonesia karena keindahannya. Meskipun belum bisa menikmati secara langsung, namun hal itu tetap bisa menumbuhkan perasaan bangga dalam diri saya.


Kesimpulan

Setiap hari kita mengkonsumsi berbagai konten di media sosial, entah itu baik atau buruk, benar atau tidak. Jika kita tidak bisa mengontrol diri dan memilih mana yang baik buat kita dan mana yang harus kita hindari. bisa saja hal itu justru mencelakakan kita.

Media sosial bisa menimbulkan efek buruk jika kita tidak tahu cara memanfaatkannya. begitupun sebaliknya, jika kita tahu untuk apa kita menggunakan media sosial. maka, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari media sosial.

Jadi, tetaplah bijak dalam memanfaatkan media sosial dan gunakan sebaik mungkin untuk diri sendiri maupun ketika ingin membagikan sesuatu kepada orang lain.


4 Responses to "Media Sosial Membantu Saya Lebih Bangga Pada Indonesia"

  1. Jadi minimal sudah keliling Indonesia walau virtual.. Dan semoga kita bs keliling beneran di realita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap bener banget. Amiinn, semoga bisa menikmati keindahan alam indonesia secara langsung

      Delete
  2. Wahh mantappp.. kudu lebih bijak lagi nih aku kedepannya 😂😂

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel